About Us

Dalam Strategi Pembangunan Kesehatan di Indonesia, Sistem Informasi Kesehatan Nasional (SIKNAS) merupakan salah satu komponen yang sangat mendukung pengembangan Sistem Kesehatan Nasional. Dengan terbangunnya SIKNAS yang terintegrasi dan handal, diharapkan dapat tersedia data dan informasi yang akurat dalam pengambilan keputusan.

Pengembangan sistem informasi kesehatan sudah banyak dilakukan, namun untuk mengintegrasikan sistem-sistem informasi tersebut masih sangat sulit. Dilaksanakannya kebijakan otonomi daerah menyebabkan munculnya beberapa kendala dalam membangun sistem informasi yang terintegrasi mulai dari tingkat pusat, provinsi, dan kabupaten/ kota. Adanya perbedaan kebutuhan informasi dan ketersediaan standar merupakan dua hal yang mendasar dalam pengembangan sistem informasi yang selama ini belum dapat dilakukan.

Melihat kondisi tersebut, maka saat ini pengembangan sistem informasi haruslah berdasarkan penilaian kebutuhan yang spesifik pada masing-masing tingkat, baik pusat, propinsi, kabupaten/ kota.

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) mendukung visi UI sebagai universitas riset yang merupakan pusat unggulan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya dengan pelaksanaan aktivitas riset dan pengabdian masyarakat, meningkatkan kemampuan bersaing sehingga berdaya guna dan berhasil guna bagi masyarakat. Dalam rangka berkontribusi dalam pembangunan kesehatan melalui pelaksanaan berbagai penelitian nasional maupun lokal dan penggalian sumber daya untuk menunjang kontribusi FKM UI dalam bidang kesehatan masyarakat khususnya bidang biostatistika dan informatika kesehatan.