Integrasikan Jaringan Telekomunikasi, UI Jalin Kerja Sama dengan PT JPI

Jumat, (31/3/2017) di ruangan Rapat A Pusat Administrasi Universitas (PAU) PT. Jaringan Pintar Indonesia (JPI) menandatangani perjanjian kerja sama dengan UI dalam hal jasa telekomunikasi.

Perjanjian ini diadakan dalam rangka mengintegrasikan seluruh jaringan provider yang bekerja sama dengan UI dalam satu wadah.

“Ini dalam rangka efektifitas dan efisiensi. Nanti jadinya kami bila ingin mengatur provider-provider ini hanya cukup menghubungi pihak JPI, tidak perlu satu-persatu ke providernya,” ungkap Dr. Ir. Dodi Sudiana M.Eng, Direktur Kerjasama UI.

Selain itu, rencananya juga akan dibangun micro cell di UI dalam rangka meningkatkan area coverage jaringan telekomunikasi di UI.

Microcell adalah seperangkat pemancar yang digunakan dalam menambah kapasitas jaringan di daerah dengan tingkat penggunaan telepon yang sangat padat, seperti stasiun kereta api, mall, ataupun area perkantoran.

Microcell juga dipergunakan untuk mendukung teknologi 4G LTE yang membutuhkan kapasitas data yang sangat lebar dan tanpa putus.

“Tujuan besarnya adalah tidak ada lagi area di UI yang tidak terjangkau jaringan internet,” tambah Dodi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *